Posted by : Spell Friday, December 18, 2015

Para pembaca sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang suatu yang selalu di abaikan tetapi memiliki pengaruh besar bagi kehidupan

Maka dari itu langsung GO TO The Point

1.    Hasil belajar siswa
Ini menjadi hal yang paling umum dan tampil secara dominan dari proses belajar. Baik saat masih dalam kelas maupun saat malam sebelum ulangan. Faktor ini memiliki pengaruh yang bisa dibilang memiliki hasil yang halal dan menjadi dasar untuk semua faktor yang lainnya

Semakin giat seseorang dalam belajar, maka semakin PD pula dia dalam ulangan, dengan kata lain Mengeluarkan kemampuan yang sesungguhnya. hehe

2.    Daya imajinasi
Menurut hasil survei, daya imajinasi juga termasuk faktor karena ini adalah hal yang membantu siswa dalam penyelesaian soal pertanyaanya. Dia dapat mengimajinasikan bentuk soal misalkan soal no.X berbentuk naga, dan dari itu dia akan memikirkan cara dan metode yang digunakan dalam mengalahkan naga tersebut.

Hal ini menjadi sesuatu yang hanya beberapa siswa yang memilikinya karena tidak semua siswa dapat mengimajinasikan hal seperti itu karena imajinasi seperti itu hanya dimiliki oleh para otaku, walaupun ada tapi belum tentu mencapai tingkatan seperti itu.

3.    Pelampung persiapan
Bukan hanya saat berenang, saat ulangan pun kita membutuhkan pelampung. Tapi pelampung yang dimaksud bukan ban karet ataupun gabus, tetapi sesuatu yang memang telah disiapkan untuk membantu dalam menjawab soal (contekan :p).
Oleh karena itu, pelampung persiapan juga dapat mempengaruhi nilai sebab semakin elit dan lengkap pelampungnya maka hasil yang di didapatkan akan semakin memuaskan

4.    Teman Sejati
Saat ulangan berlansung, beberapa siswa akan menjadi egois dan enggan membantu siswa lain yang sedang kesusahan. Tapi, kebanyakan yang lainnya ingin berbagi kesusahan dan kebahagiaan kepada siswa yang lain.

Saat itu faktor pertemanan menjadi hal yang paling penting karena mereka dapat saling mencocokkan dan bertukar pikiran saat ulangan berlansung sehingga kemungkinan benarnya soal yang dikerjakan semakin besar.
“Teman sejati adalah teman yang selalu ada saat suka dan duka”, kiasan kalimat tersebut tentunya berlaku kapanpun dan dimanapun. Siswa yang memiliki banyak teman akan lebih mudah dan nyaman mengerjakan soal. Tidak perlu khawatir akan menjadi rank 1st ataupun menjadi worst 1 sendirian

5.    Posisi Meja / Banku


Ketika teman sejati dan pelampung (no.3 &4) telah siap maka untuk pelengkapnya harus dengan memiliki posisi yang strategis. Pelampung tidak akan bekerja ketika siswa duduk di sudut paling depan, koneksi antara teman akan terputus jika duduk dihalangi siswa lain (bukan teman)

Maka dari itu, semakin strategis lokasi bangku maka semakin sukses pula ulangan siswa tersebut karena siswa lebih leluasa pula siswa dalam menggunakan no. 3 & 4, untuk no. 1 & 2 pun tanpa terkecuali (walaupun untuk no1 & 2 bisa digunkan dimanapun, hehe).

6.    5 menit terakhir

5 menit terakhir???, ada apa dengan 5 menit terakhir??
Para pembaca sekalian, Dalam ulangan telah disediakan soal dengan batas waktu pengerjaan, dan pada saat ulangan semua siswa menjadi lebih fokus baik itu untuk apa yang dia kerjakan maupun yang dikerjakan temannya.

Dan saat pengawas mengatakan “waktu tinggal 5 menit”, maka otomatis fokus siswa akan meningkat dan menjadi cepat. Penulisan jawaban menjadi lebih cepat, kerjasama antar individu semakin membaik.
Dengan kata lain, 5 menit terakhir menjadi kunci untuk mengeluarkan kemampuan siswa yang sebenarnya

7.    Pengawas ulangan
  Faktor yang terakhir ini adalah hal yang harus diwaspadai yaitu “pengawas ulangan”. Pengawas ulangan dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
a.     Pengawas santai, pengawas yang membiarkan siswa melakukan apapun asal gak berisik bahkan memberi siswa kunci jawaban

b.    Pengawas cuek, pengawas yang setelah memberi soal ulangan meninggalkan ruangan atau duduk tidak memperhatikan siswa

c.     Pengawas galak, yaitu pengawas yang sangat tegas dan sangat jeli memperhatikan gerak-gerik siswa

Jika pengawasnya santai atau cuek, tidak mempengaruhi gerak-gerik siswa. Tapi jika pengawasnya galak, Walaupun memiliki koneksi pertemanan yang bagus, pelampung yang canggih, dan posisi duduk yang strategis. Semua itu akan sia-sia. jika pengawasnya seperti itu hanya siswa yang memiliki no 1 dan 2 yang akan berhasil..

Sekian kali ini…… Semoga yang lagi ulangan dapat mengerti dan mendapatkan hasil yang memuaskan
Jika ada tambahan tulis di komentar yaa
hahahaahahahahaa

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. Ada sebuah cerita yg saya dapat dari teman, dia bersama kakak perempuannya sedang berjalan-jalan ditaman bunga yang sepi. Mereka sambil bercanda gurau sedang berjalan di tengah taman bunga. Tak lama kemudian, kakak perempuannya menciumnya lalu berkata "yuk main disini aja". Kakak perempuannya lansung membuka bajunya dan celananya. Tapi tiba tiba hpnya terjatuh ketanah. Sayang, gara2 hp iphone s6 yg terjatuh lengkap dengan kartu memori 8Gb dan ram 4Gb,dan kamera ultra HD,dilengkapi sensor gerak, minat ? harga mulai 5jt (nego)

    ReplyDelete

- Copyright © DataSpell Archives - - Powered by Blogger - Designed by -